1.
Teori
utilitarian
merupakan suatu keinginan
seseorang untuk mendapatkan harga, produk dan jasa layanan pada saat pembelian.
Efisiensi penggunaan waktu dan tenaga evaluasi kognitif menggunakan pikiran
dalam mengukur motif utilitarian (Schifman and
Kanuk, 2004; Engel et al.,1994).
Utilitarian menekankan pada nilai belanja yang
bermanfaat, sebagai sesuatu yang terkait dengan tugas, masuk akal, berhati-hati
dan efisiensi aktivitas. Selama proses ini konsumen menyeleksi, mengorganir,
dan menginterpretasikan informasi. Mengevaluasi utilitarian dengan persepsi
kualitas produk dan layanan seta harga yang ditetapkan.
Utilitarian adalah yang mendorong konsumen membeli produk karena
manfaat fungsional dan karakteristik
objektif dari produk tersebut (Setiadi, 2006:96). Untuk menarik konsumen yang dengan
teori utilitarian adalah perusahaan dapat
menyediakan ragam kebutuhan sehari-hari berdasarkan manfaat produk tersebut
secara lebih variatif , baik dari segi harga maupun pilihan produknya.
2.
Artikel
atau kasus
Teori
utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika
bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.
Jadi
menurut teori utilitarian bahwa suatu kegiatan harus bisa memberikan suatu
manfaat bagi masyarakat disekitarnya. Di lingkungan perumahan bojong depok baru
2, terdapat banyak usaha seperti minimarket, bengkel, salon dan warung-warung
lainnya. Namun yang akan saya angkat dalam permasalahan ini adalah salah satu minimarket
yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok yang sangat memberikan manfaat
di lingkungan tempat tinggal saya.
3.
Analisis
Teori
utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika
bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat. Jadi
menurut teori utilitarian bahwa suatu kegiatan harus bisa memberikan suatu
manfaat bagi masyarakat disekitarnya. Salah satu usaha didekat rumah saya yang
sangat memberikan manfaat bagi masyarakat di lingkungan saya adalah minimarket yaitu
“Alfamart” yang berada didekat rumah saya. Minimarket ini menyediakan berbagai
macam kebutuhan pokok, seperti: makanan, minuman serta alat-alat kebutuhan
pokok lainnya.
Jika
menurut teori utilitarian suatu usaha harus memberikan manfaat. Minimarket ini
menawarkan harga yang relatif terjangkau serta menyediakan berbagai kebutuhan
konsumen. Sehingga konsumen mendapatkan manfaat dari keberadaan minimarket
tersebut.
4.
Referensi
:
Rintamaki, T., Kanto, A., Kuusela,
H.,& Spence, M.T, 2006, Decomposing
The Value of Department Store Shopping Into Utilitarian, Hedonic and Social
Dimensions. International Journal of Retail and Distribution Management,
34(1), pp 6-21
Tidak ada komentar:
Posting Komentar