PENGERTIAN
CSR, MANFAAT BAGI MASYARAKAT DAN PERUSAHAAN
TEORI
Program
CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability)
perusahaan dan bukan lagi dilihat sebagai sarana biaya (cost centre)
melainkan sebagai sarana meraih keuntungan (profit centre). Program CSR
merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan
berkelanjutan (sustainable development).
PENGERTIAN
Istilah Corporate Social Responsibility (CSR) erat
kaitannya dengan masyarakat dan perusahaan-perusahaan besar. Pada dasarnya CSR
merupakan bentuk kontribusi perusahaan untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat di
sekitarnya, baik secara sosial, ekonomi dan lingkungan masyarakat.
Secara harfiah CSR diartikan sebagai tanggung jawab sosial
perusahaan. Sedangkan menurut World Bank, CSR adalah komitmen dari bisnis untuk
berkontribusi bagi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan untuk meningkatkan
kualitas kehidupan sehingga berdampak baik bagi bisnis sekaligus baik bagi kehidupan sosial. Para pengamat bisnis juga ada yang mengartikan CSR
sebagai bentuk komitmen usaha untuk
bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan
kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya, masyarakat lokal dan masyarakat
secara lebih luas.
MANFAAT BAGI MASYARAKAT
CSR
akan lebih berdampak
positif bagi masyarakat, ini akan sangat tergantung dari orientasi dan
kapasitas lembaga dan organisasi lain, terutama pemerintah. Studi Bank Dunia
(Howard Fox, 2002) menunjukkan, peran pemerintah yang terkait dengan CSR
meliputi pengembangan kebijakan yang menyehatkan pasar, keikutsertaan sumber
daya, dukungan politik bagi pelaku CSR, menciptakan insentif dan peningkatan
kemampuan organisasi. Untuk Indonesia, bisa dibayangkan, pelaksanaan CSR
membutuhkan dukungan pemerintah daerah, kepastian hukum, dan jaminan ketertiban
sosial. Pemerintah dapat mengambil peran penting tanpa harus melakukan regulasi
di tengah situasi hukum dan politik saat ini. Di tengah persoalan kemiskinan
dan keterbelakangan yang dialami Indonesia, pemerintah harus berperan sebagai
koordinator penanganan krisis melalui CSR (Corporate Social Responsibilty).
Pemerintah bisa menetapkan bidang-bidang penanganan yang menjadi fokus, dengan
masukan pihak yang kompeten. Setelah itu, pemerintah memfasilitasi, mendukung,
dan memberi penghargaan pada kalangan bisnis yang mau terlibat dalam upaya
besar ini. Pemerintah juga dapat mengawasi proses interaksi antara pelaku
bisnis dan kelompok-kelompok lain agar terjadi proses interaksi yang lebih adil
dan menghindarkan proses manipulasi atau pengancaman satu pihak terhadap yang lain.
Intinya manfaat
CSR bagi masyarakat yaitu dapat mengembangkan diri dan
usahanya sehingga sasaran untuk mencapai kesejahteraan tercapai.
MANFAAT BAGI PERUSAHAAN
1. Meningkatkan Citra Perusahaan
1. Meningkatkan Citra Perusahaan
Dengan
melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai
perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
2. Memperkuat “Brand” Perusahaan
Melalui
kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan
produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan
produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan.
3.
Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
4. Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika
CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan
menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan
pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
5.
Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
CONTOH PERUSAHAAN
Kesuksesan CSR AQUA Danone
“Sekarang sumber air sudekat
Beta sonde terlambat lagi” Begitulah sepenggal kalimat yang meluncur dari mulut seorang
anak laki laki berkulit hitam manis di Papua. Iklan milik Danone Aqua ini kita
jumpai pada tahun 2009, sebagai bukti pelaporan kepada masyarakat bahwa Aqua
telah melakukan suatu bentuk program kepeduliannya terhadap lingkungan dan
masyarakat sekitar (NTT).
Program Coorporate Social
Responsibility (CSR) adalah suatu bentuk wajib yang telah ditetapkan oleh
pemerintah sejak tahun 2007, pasal 74 ayat 1 disebutkan bahwa “Perseroan
Terbatas yang menjalankan usaha dibidang bersangkutan dengan sumber daya
alam wajib menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan”. Peraturan tentang
CSR yang lebih terperinci tertuang dalam UU yang dijabarkan lebih jauh oleh
Peraturan Menteri Negara BUMN No:Per-07/MBU/2007.
SCR AQUA
Mengingat Aqua adalah perusahaan
yang telah melayani masyarakat hampir 40 tahun, Aqua juga menggunakan sumber
daya alam yakni sumber air bersih, oleh karena itu untuk menjaga kesinambungan
serta keseimbangan penggunaan sumber daya agar tetap terjaga dan manfaatnya
bagi masyarakat luas dan menciptakan pertumuhan sumber daya yang berkelanjutan.
Oleh karena itu dirasa penting Aqua melakukan kegiatan CSR, dalam rangka
sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab sosial perusahaan dengan menerapkan
kegiatan berbasis masyarakat dalam menjalankan programnya. Kampanye yang telah
dimulai sejak tahun 2007 ini juga adalah sebuah kampanye berkelanjutan mengenai
kebaikan alam (Goodness of nature).
Salah satu program Aqua adalah WASH
(Water Access, Sanitation, Hygiene Program) tujuanya untuk memberikan solusi
dalam penyediaan air bersih di Indonesia. Didalam program WASH ini adalah
program ‘Satu Untuk Sepuluh’, program ini juga mendukung program Millenium
Development yang dicanangkan oleh PBB tujuannya untuk memerangi kemiskinan dan
kelaparan diberbagai belahan dunia yang ditarget pada tahun 2015.
Program yang akan dibahas kali ini
khusus pada CSR Aqua yang telah terlaksana yaitu program “1L Aqua untuk 10L Air
Bersih”, menurut Binahidra Logiardi, manajer PT Tirta Investama yang membawahi
perusahaan Aqua, slogan ini adalah ungkapan simbiolis untuk memudahkan pemirsa
mencerna pesan yang ingin Aqua sampaikan, dimana setiap 1 liter
yang terjual telah membantu 10 liter air bersih untuk 4 kecamatan.
Program ini didasarkan pada fakta
yang menjelaskan bahwa air adalah kebutuhan mendasar bagi manusia, namun
permasalahanya tidak semua orang dapat mengakses air bersih, karena faktor
demografis yang membutuhkan infrastruktur memadai untuk itu. padahal kesehatan
lingkungan dan diri adalah sesuatu yang mahal dan harus dijaga oleh pribadi
individu.
Program ini dilaksanakan di Timor
Tengah Selatan karena berdasarkan survey terbaru yang dilakukan ACF (Action
Contre la Faim). NTT dianggap sebagai wilayah yang tepat, karena sedang
mengalami program kelangkaan air bersih dibagian belahan timur Indonesia (program
satu untuk sepuluh, 2007). Masyarakat NTT juga masih kesulitan dalam
mengakses air bersih, mereka harus berjalan kaki dengan jarak yang lumayan
jauh, medanya pun terjal, berbatu bahkan harus melewati sungai. Dibutuhkan
waktu sekitar satu jam untuk membawa pulang dan pergi air dalam jerigen tiap
harinya.
Kelangkaan air ini sangat
berpengaruh pada banyak aspek, mulai dari anak anak yang mau tida mau harus
membantu orang tua mereka untuk mendapatkan air, sehingga waktu bermain dan
belajar merekapun sering terabaikan oleh hal ini, ancaman ragam penyakit juga
menghantui mereka mulai dari demam berdarah, diare hingga malaria adalah
penyakit yang sudah biasa mereka derita.
Berangkat dari permasalahan diatas,
Aqua berkomitmen untuk memperbaiki kesejahteraan anak Indonesia. Untuk setiap
liter produk Aqua berlabel khusus yakni Aqua 600 mm dan 1.500 mm dijual maka
konsumen telah membantu program Aqua denga menyumbangkan 10 liter air bersih
kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu Aqua akan memperpendek jarak
sumber air ke pemukiman penduduk dengan cara menempatkan pipa pipa ke tempat
yang lebih mudah dijangkau. Sehingga jarak tempuh satu jam kini bisa diubah
dengan jarak 200 meter saja, karena air bersih akan disalurkan melalui pipa
pipa tersebut.
Aqua telah memberikan akses tersebut
kepada 12.000 penerima bantuan dibeberapa desa kecamatan Boking dan Amanatun
Utara NTT. Dalam program ini sumber mata air pegunungan yang terdapat didesa
ditutp dengan menggunakan bangunan dari semen kemudian air tersebut dialirkan
ke dusun melalui 11 titik keran air, penyaluran tersebut menggunakan dua
prinsip teknologi yakni berdasarkan gravitasi dan pompa hidran. Panjang total
pipa yang dibangun adalah 6 km.
Tujuan program ini dikatakn berhasil
karena targetnya telah terpenuhi :
- Perbaikan infrastruktur air bersihdan jumlah ketersediaan air bersih, telah dipangkasnya jarak tempuh yang jauh menjadi lebih dekat sehingga mempermudah kebutuhan hidup mereka.
- Terciptanya kesadaran hidup sehat malalui penyuluhan kesehatan.
- Kerjasama dengan stakeholder lokal untuk mendukung keberlanjutan program.
Sebuah kegiatan dikatakan termasuk
CSR jika memiliki ciri :
a.
Identifikasi yakni Aqua harus bisa memprioritaskan kegiatan
tersebut untuk orang orang yang benar benar membutuhkan (needs) dibanding
mementingkan keinginan (wants), disini Aqua berprioritas untuk melakukan
sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat NTT, hal ini menunjukan bahwa
disamping Aqua adalah sebuah perusahaan besar yang juga memiliki komitmen
terhadap masyarakat dengan memberikan kontribusi yakni melakukan kegiatan untuk
mengatasi kelangkaan air bersih salah satunya di NTT.
b.
Continuity yakni kegiatan yang bersifat terus menerus atau
berkesinambungan. Hal ini dikarenakan untuk dapat mengubah perilaku dan mindset
masyarakan tentang pentingnya air bersih sehingga untuk merubah kedua hal
tersebut dibutuhkan jangka waktu yang panjang, Kegiatan Aqua ini bertajuk WASH
(Water Access, Sanitation, Hygiene Program) didalamnya terdapat program
‘1 liter untuk 10 liter’ dan dilanjutkan dengan program ‘satu untuk sepuluh’
dengan jangka waktu hingga 2020 untuk membantu daerah daerah yang sedang
mengalami krisis air bersih.
c. Empowering
yakni kegiatan yang dilakukan menekankan pada aktivitas tersebut dilakukan oleh
masyarakat yang bersangkutan. Yakni Aqua memberikan penyuluhan penyuluhan
kesehatan untuk membekali masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan air
bersih yang benar. Dalam pengerjaan fisik Aqua juga melibatkan masyarakat karena
tiap dusun memiliki komite air yang bertugas merawat instalasi. Sebanyak 127
komite air telah dibekali dengan berbagai keterampilan agar masyarakat dapat
mengelola sarana air bersih, memberikan edukasi melalui kegiatan seperti
pemutaran film, pertunjukan drama.
ANALISIS
Setiap perusahaan
memiliki bentuk CSR yang berbeda-beda dan tergantung dari kompentensi
perusahaan serta kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Sebaiknya sebelum
melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan melalukan survei terlebih dahulu untuk
menampung aspirasi masyarakat sehingga CSR yang dilakukan oleh perusahaan tepat
sasaran.
Ada 3 emelem kunci
dalam CSR (Aswak
dkk, 2011:85) :
- CSR adalah komitmen, kontribusi, cara pengolahan bisnis dan pengambilan keputusan pada perusahaan.
- Komitmen, kontribusi, pengelolaan bisnis dan pengambilan keputusan perusahaan didasarkan pada akuntabilitas, mempertimbangkan aspek sosial dan lingkungan, memenuhi tuntutan etis, legal dan profesional.
- Perusahaan memberikan dampak nyata pada pemangku kepentingan dan secara khusus pada masyarakat sekitar.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar